Pandemi Covid-19 “Memaksa” Bisnis Offline Bertransformasi ke Bisnis Online Secara Masif

Bisnis Online
Bisnis Online

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah mengakibatkan transformasi bisnis secara besar-besaran, di mana para pelaku bisnis dan UKM berbondong-bondong mengubah haluan cara berbisnis dari cara konvensional menjadi digital, bisnis online.

Benar, mengingat mereka tidak memiliki pilihan lain di tengah pandemi Covid-19, perubahan memang harus terjadi. Transformasi secara masif ke ranah online ini dapat terlihat dari banyaknya Pebisnis, Penjual dan UKM yang secara tiba-tiba mengubah haluan cara berbisnis mereka.

Transformasi secara besar-besaran ini diakibatkan karena para penjual dan pedagang konvensional yang menghadapi dampak berkurangnya pengunjung dan pembeli karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Alasan lainnya yang menyebabkan transformasi ini adalah karena turunnya hasil penjualan, sehingga cukup menyulitkan mereka untuk kembali memutar uang sebagai modal dan pengembangan usahanya. Mau tidak mau, mereka harus berubah.

Dengan melihat hal ini saja, CaraBisnisOnline.Net berpendapat bahwa pandemi Covid-19 telah berhasil mempercepat bahkan “memaksa” transformasi bisnis online secara besar-besaran, dari aktivitas jual beli tradisional menjadi jual beli online. Sekarang semua pihak “dipaksa” untuk beraktivitas secara online, mengaplikasikan semua prinsip digital, karena bila tidak, kegiatan perekonomian dan bisnis akan mati.

Tips sederhananya, para penjual konvensional mau tidak mau harus bisa menjalankan prinsip untuk mengantar barang setelah menerima pesanan secara online, bila tidak, mereka bisa kalah dari kompetitor bisnis dan penjual online lainnya.

Sudah memulai bisnis online Kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *