5 Tutorial Gampang Untuk Memulai Bisnis Online

Bisnis Online
Bisnis Online

Bisnis online menjadi pilihan pengganti dalam mencari nafkah di tengah pandemi virus corona seperti disaat ini. Sebab, bisnis online dianggap sanggup lebih pesat berkembang sehingga dapat dijadikan sumber pendapatan utama.

Dilain pihak, bisnis online dapat dilakukan di manapun dan kapanpun lewat smartphone. Para pedagang dapat menjajakan produk dagangan mereka di e-commerce maupun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Tetapi, sebelum memulai bisnis online ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal dibawah ini:

1. Tetapkan Niat

Perlu untuk diperhatikan, untuk memulai sebuah bisnis diperlukan niat yang powerful. Bahkan, modal yang masif pun tidak begitu berarti jika niat pedagang tidak di-action-kan dalam mempromosikan dan menjual produknya. Selain itu, pedagang juga memerlukan mindset yang tepat mengenai dan mental sikap positif dari sebuah bisnis.

2. Pilih Produk Yang Akan Dijual

Seusai meyakinkan diri untuk berjualan, ada baiknya Anda tentukan produk apa yang akan dijual nantinya. Untuk memutuskan produk jualan alangkah baiknya untuk memilih produk yang sedang laris atau tidak lekang oleh waktu seperti pakaian dan makanan.

Selain itu, perhatikan jasa kurir pengiriman yang akan digunakan, hal ini agar produk jualan Anda aman hingga ke tangan pembeli. Contohnya, saat memutuskan untuk mempromosikan baju, memanfaatkan jasa kurir pengiriman yang mampu melakukan pengiriman selama dua hari akan membuat bisnis Anda lebih aman.

Lain halnya jika Anda mempromosikan produk makanan yang tentu tidak tahan lama. Alangkah lebih baiknya jika Anda memanfaatkan jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman yang sampai di hari yang sama.

3. Tentukan Platform Tempat Jualan

Banyaknya platform tempat jualan lebih memudahkan pedagang untuk menjajakan jualannya. Para pedagang dapat memutuskan platform yang sekiranya akan ramai dikunjungi oleh para pelanggan.

Pastikan platform tempat jualan tersebut dapat mempermudah Anda sebagai pedagang untuk mendapatkan pembeli. Misalnya jika pedagang ingin mempromosikan alat elektronik, pilihlah platform tempat jualan yang juga menyediakan pembelian secara kredit agar pembeli juga merasa tidak keberatan saat membeli.

Anda juga dapat juga memikat hati calon pembeli dengan memberikan diskon pada produk yang dijual. Biasanya, ada sebagian orang yang tidak dapat menahan diri saat melihat diskon produk, contohnya para wanita.

4. Foto Produk Yang Memikat Hati

Saat Anda memutuskan untuk berbisnis online, yang layak Anda ingat, pembeli hanya dapat melihat produk dan deskripsi melalui smartphone mereka. Hal ini mengharuskan pedagang untuk memajang foto produk yang tentunya dapat memikat hati dan perhatian dari calon pembeli. Ada baiknya untuk menyesuaikan tema foto produk agar tampak lebih nyaman dimata pembeli.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Untuk dapat berhasil di bisnis online, pedagang juga mesti memerhatikan kualitas produk. Hal ini untuk menjaga keyakinan pembeli terhadap nama baik Anda sebagai pedagang.

Ini penting, karena pembeli pastilah telah memiliki ekspektasi dengan produk yang akan mereka terima meskipun hanya dengan melihat foto dari katalog. Jadi, jangan rusak kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Layani dan berikan produk terbaik untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *