5 Trik Mudah Membuat Judul Postingan Yang Mampu Memikat Perhatian Pembaca!

Banyak sekali artikel yang bertebaran di dunia maya ini, ribuan bahkan jutaan artikel terupdate dan terposting setiap harinya, baik di sosial media seperti Facebook, Instagram, Linked maupun di forum-forum terkenal seperti Kaskus dll. Mereka berlomba-lomba agar apa yang mereka tulis bisa dibaca oleh LEBIH Banyak orang lagi. Semakin banyak yang membaca, semakin Besar pula potensi penjualan yang bisa dihasilkan.

Lalu bagaimana Anda bisa membuat orang terpikat dengan apa yang Anda tulis? Anda butuh lebih dari sekedar konten artikel yang Menarik & Berkualitas atau dari sekedar desain blog yang keren. Hal yang paling penting dalam menulis sebuah artikel terletak pada Judulnya. Yaaa benar, terletak pada Judul yang Anda tulis.

Kenapa harus Judul?

Jika Judul yang Anda tulis saja tidak memikat perhatian pembaca, bagaimana mereka akan tertarik untuk meneruskan membaca?

Menulis sebuah Judul, baik menulis Judul artikel di Blog atau di sosial media yang Anda miliki memiliki Prinsip yang sama. Judul (Headline) adalah hal pertama yang harus menjadi fokus pertama Anda. Anda harus memulai dan mengakhirinya dengan menanyakan pada diri Anda sendiri, “Apakah Judul yang saya buat ini akan memikat saya untuk meneruskan membaca?” Jika belum, janganlah langsung Anda posting atau publish sebelum Anda mendapatkan Judul terbaik. Woooiiiiiii…..Jika Anda sendiri tidak menyukainya bagaimana dengan pembaca Anda. Konsentrasilah pada hal ini dan Anda akan mendapatkan lebih banyak pembaca, bahkan mungkin fans Anda bertambah. hehehe ^_^

Lalu Bagaimana Menulis Headline Yang Membius Mata Pembaca?

Seringkali Judul diabaikan oleh banyak penulis. Orang hanya melewatkannya saja, mengabaikannya tanpa menyadarinya. Dan sekarang, saya akan membagi 5 trik mudah yang bisa Anda pakai untuk memikat pembaca Anda untuk meneruskan membaca apa yang Anda tulis. siap? kita mulaiiiii ….

1. Gunakan Angka
Inilah alasan kenapa banyak Penulis, seperti seorang Copywriter dll, menggunakan angka dalam Judul yang mereka tulis. Karena hal ini selalu berhasil memikat perhatian mata pembaca. Belum percaya? Lakukanlah  sebuah eksperimen kecil: Pergilah ke toko-toko terdekat seperti Indomart, Alfamart dll (ini bukan promosi yaa ). Langsung menuju ke bagian rak majalah dan cek majalah-majalah yang dijual disana. Perhatikan covernya, lihat Judul yang bertebaran di halaman depan Majalah. Anda akan melihat banyak hal yang sama. Sekarang, Anda mulai menyadari dan paham, kan? Bahkan saya menggunakkannya dalam Judul artikel ini. hihihi

2. Gunakan Kata Sifat Yang Memikat
Ini beberapa contoh kata sifat yang bisa Anda gunakan,
– Mudah
– Baru
– Menyenangkan
– Gratis
– Luar Biasa
– Penting
– Mutlak
– Aneh dll

3. Gunakan Sudut Pandang Yang Berbeda
Jika Anda ingin membuat Judul, buatlah seoriginal mungkin. Contohnya, anda bisa mengikutkan list-list kata berikut:
– Alasan
– Prinsip
– Fakta
– Gagasan
– Cara
– Rahasia
– Trik dll

4. Gunakan Kata Pemicu Apa, Kenapa, Bagaimana, atau Ketika
Kata-kata diatas adalah kata-kata pemicu. Biasanya seorang Copywriter seringkali menggunakan kata “Kenapa” atau “Bagaimana” untuk mempersuasi atau membujuk orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan. Biasanya digunakan secara bersamaan dengan poin pertama, yaitu menggunakkan angka. Hasilnya? ketika Anda menggunakkannya secara bersamaan, membuat Judul yang Anda tulis lebih memikat. Buktikan sendiri yaa …

5. Berikanlah Manfaat bagi Pembaca
Benar, berikanlah manfaat bagi pembaca Anda. Apakah Anda akan mengajarkan pada pembaca skill atau keahlian baru? Apakah Anda ingin membujuknya melakukan sesuatu hal yang belum pernah dia lakukan? Atau anda mau mengungkap sebuah fakta yang tersembunyi? Temukan hal-hal menarik yang akan memikat perhatian pembaca Anda.
Apa yang Anda inginkan adalah membuat orang membaca tulisan Anda. Tanpa janji yang muluk-muluk. Tegas. Namun tetap menggiurkan mata orang untuk membacanya. Berikanlah yang terbaik dari apa yang bisa Anda tulis.

Cobalah Formula Sederhana Ini

Inilah formula sederhana menulis headline.

Angka/Kata Pemicu + Kata Sifat + Manfaat

Contohnya, subjek yang Anda tulis adalah “Memandikan Macan” Anda bisa menulis Judul seperti “Bagaimana Cara Memandikan Macan” atau “Kenapa Saya Suka Memandikan Macan“, atau Anda bisa mentransformasikannya menjadi lebih powerful dengan menulis “18 Cara Yang Tidak Terpikirkan Untuk Memandikan Macan Dalam Kandang

Hahahaha, maaf saya membuat Judul-nya sambil sedikit bercanda.  ^_^

Sekarang kita sedikit lebih serius yaa, contohnya, “Menjual rumah dalam sehari” Anda bisa mentransformasikannya menjadi lebih powerful dengan menulis, “Bagaimana Anda Menjual Rumah Kurang Dari 24 Jam Dengan Mudah!

Bagaimana, apakah Anda menyukai kombinasi formula diatas? Tentu saja iya. Dari hal ini saja Anda menyadari otak manusia menyukai hal-hal yang BERBEDA dan UNIK. Dan, Sekarang Anda sudah mengetahuinya. Anda menyadari bahwa orang-orang cenderung bosan membaca judul atau headline yang itu-itu saja, mereka ingin sesuatu yang lebih menarik, yang lebih menantang untuk dibaca.

Lalu, Apakah Anda sudah membuat Judul yang menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *