5 Bisnis Online Yang (Masih) Menjadi Tren di Tahun 2020, Baca Dulu Sebelum Mulai

Bisnis online memang telah menjadi bisnis yang fenomenal dibeberapa tahun belakangan, bahkan semakin hari, kepopulerannya justru semakin tumbuh dan berkembang. Dan seperti yang sudah Anda lihat dan rasakan, perkembangannya benar-benar Unstopable, alias tidak dapat dihentikan.  

Internet, pada awalnya dianggap sebagai hal yang luar biasa dalam perkembangan teknologi, banyak orang menggunakannya untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah. Namun seiring berjalannya waktu, ia pun berevolusi, saat ini Internet digunakan oleh banyak orang untuk menghasilkan pundi-pundi dan transferan rupiah kedalam rekening mereka. Hmmm… Mungkin Anda juga sudah melakukannya yaaa ….

Namun, layaknya sebuah bisnis pada umumnya, tren Bisnis Online pun selalu berganti, ada yang tampil baru, dan ada pula yang berinovasi. Apabila dulu, pada awalnya pelaku bisnis lebih membidik pasar luar negeri karena target marketnya lebih luas dan dianggap lebih menjanjikan untuk menghasilkan penghasilan dollar, sekarang, Anda pun dapat melihat, bahwa semakin kesini, Indonesia pun menunjukkan pertumbuhan yang tidak kalah pesat, oleh karena itu, saat ini terlihat banyak pelaku bisnis yang memilih untuk menggarap dan mengembangkan pasar lokal karena berpotensi menghasilkan omset dan profit melimpah. 

Lalu, apa yang (masih) menjadi tren bisnis online di tahun 2020? Inilah lima diantaranya yang sudah dirangkum oleh CaraBisnisOnline.Net.

1. Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan ditahun 2020 ini. Dari waktu ke waktu, jasa desain grafis semakin banyak dibutuhkan, baik secara perorangan maupun perusahaan, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnisnya secara online.
Jasa Desain Grafis di era digital seperti saat ini, pada umumnya menyediakan jasa pengerjaan mulai dari pembuatan gambar, seperti logo, banner iklan, sampai video seperti video promosi hingga video undangan pernikahan.

Nah, dengan adanya jasa desain grafis, tampilan konten visual yang diupload di halaman internet, baik di media sosial maupun website akan semakin tampil menarik dan memikat.

2. Jasa Penulisan Artikel

Seiring dengan kebutuhan tampilan konten visual, kebutuhan jasa untuk penulisan artikel juga semakin dibutuhkan oleh mereka yang hendak meng-online-kan bisnisnya. Apa alasannya, bagaimana tidak jasa penulisan artikel tidak dibutuhkan? Saat ini kita sedang hidup di era teknologi informasi, dimana banyak orang mencari informasi dan hiburan dari membaca tulisan yang diposting dihalaman website maupun media social seperti Facebook dan Instagram. 

Hal inilah yang akan membuat banyak perusahaan dan portal berita di internet membutuhkan kehadiran penulis atau content creator yang berkualitas, yaitu untuk menghasilkan tulisan yang baik dan layak posting serta mendapatkan lebih banyak lagi pembaca.

3. Vlogger, Video Blogger/Youtuber

Di era digital yang semakin canggih ini, bukan hal yang aneh untuk menjadi seorang Vlogger, seorang Video Blogger atau Youtuber. Anda yang sudah sering menikmati tayangan di Youtube pasti tidak akan asing dengan hal ini. Apakah Anda pernah melihat seseorang membawakan konten menarik yang Anda suka di video mereka? Orang itulah yang disebut sebagai Youtuber.

Apakah Anda tahu, bahkan saat ini, Youtuber dianggap sebagai salah satu profesi yang menjanjikan, tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi Youtuber, siapapun, bahkan Anda bisa menjadi Youtuber. Anda hanya memerlukan kepercayaan diri yang tinggi serta perangkat yang mendukung untuk keperluan rekaman, bahkan Anda dapat menggunakan Smartphone Anda.
Saat ini, bukan rahasia lagi bila seorang Youtuber bisa memiliki penghasilan yang tidak sedikit, bahkan penghasilannya bisa melebihi gaji karyawan perusahaan setiap bulannya. Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan membuat konten video yang menarik, pilihan temanya pun sangat beragam, mulai dari tutorial, musik hingga travelling dan banyak lagi lainnya.

Untuk mulai menghasilkan uang, daftarkan saluran (channel) Youtube Anda di program Ads yang mereka miliki. Setelahnya, Anda tinggal menarik lebih banyak penonton dan meraup pundi-pundi rupiah dari sana.

4. Toko Online

Sepertinya Anda tidak perlu menunggu sampai tahun 2020 untuk melihat bagaimana perkembangan toko online. Toko online sudah layaknya seperti virus, menjamur dibanyak tempat dan dimana-mana, baik didalam maupun diluar negeri. 

Di Indonesia sendiri, toko online sudah menjamur dibeberapa tahun belakangan ini, baik yang membangun toko online melalui website mandiri maupun dengan cara berjualan produk di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee maupun Lazada.

5. Kursus Online
Bisnis Online terakhir yang (masih) menjadi tren ditahun 2020 adalah Kursus Online. Ya benar sekali, bila dulu, kursus akan dilakukan dengan cara bertatap muka antara guru dan murid, seiring dengan majunya perkembangan jaman, hal tersebut sudah mulai bergeser. Sekarang, kursus online dapat dilakukan dari rumah saja, Yess, banyak orang dapat melakukannya melalui komputer maupun ponsel mereka.

Topik pembelajarannya pun sangat beragam, misalnya mencari uang lewat internet, belajar musik, desain grafis, fotografi, editing video dan banyak lagi topik lainnya. Anda bisa mulai dari topik yang paling Anda kuasai.

Bagaimana, sudah tertarik ikut salah satunya belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *